Thursday, September 29, 2005

Tentang Syarat Berhasilnya Demokrasi

Saya setuju dengan pendapat bahwa berhasilnya demokrasi dipengaruhi oleh kemampuan rakyat memilih pemimpin terbaik melalui kriteria tertentu. Ini sangat masuk akal. Menurut saya,hal ini harus dimulai dengan mendidik rakyat agar sadar akan hak-haknya sebagai warga negara. Kesadaran ini akan disusul oleh kesadaran akan pentingnya mendapatkan pemimpin terbaik yang dapat menjamin terpenuhinya hak-hak mereka. Dengan sendirinya, rakyat akan menentukan kriteria pemimpin terbaik sesuai harapannya.
Namun, terkadang menentukan kriteria ini tidak semudah yang kita bayangkan.
Contohnya ketika saya harus memilih rekan kuliah yang memiliki kemampuan terbaik di bidang Real-Time System.
Kriteria yang sesuai menurut saya:
- Mampu memahami konsep yang terdapat di dalam buku.
- Lebih baik lagi, bila mampu menerangkan konsep yang dipahaminya kepada rekan lain.
Cara terbaik untuk mengukurnya tentu melalui tes, dapat berupa tes tertulis maupun lisan.
Akan tetapi, menurut saya, kadang-kadang faktor intuisi juga dapat dijadikan pedoman untuk memilih (meski nampaknya tidak cukup berdasar). Kadang kita dapat merasa begitu yakin akan sesuatu tanpa tahu betul alasannya. Dan, pada akhirnya, ternyata pilihan kta benar!
Rasanya tidak adil menilai kemampuan seseorang tanpa melalui tes atau unjuk kerja. Meski demikian, untuk menilai kemampuan rekan-rekan di kelas, saya lebih suka melakukannya berdasarkan pengamatan sehari-hari. Alasan saya memilih mereka adalah mereka tampak mudah memahami konsep yang terdapat di dalam buku, dan sering menjadi “narasumber” bagi rekan-rekan yang belum paham. Menurut saya, yang mungkin termasuk terbaik (secara tidak berurutan) adalah:
- Pak Rusdi H.S.
Catatan tambahan:
Sebagai anggota tim pengajaran, saya beberapa kali melihat beliau menyampaikan materi. Tampaknya beliau memahami betul konsep yang disampaikan.
- Sri Widayati
- Zulkifli M.
- Suharto
- Pak Hartanto

1 Comments:

Blogger Jemiro said...

Pemimpin memang haruslah dipilih yang tepat dan memang dapat memimpin bukan provokator :D
nice posting mbak :D

7:37 AM  

Post a Comment

<< Home